AKSI PANGGILAN DAN PIKNIK KOMUNITAS Berastagi-Tanah Karo Simalem   Leave a comment

Para Frater Kapusin-Alverna di Sipiso-piso

Pematangsiantar, Menjemaat
“Banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih” demikianlah untaian lagu yang dinyanyikan para frater Alverna Sinaksak, di paroki Berastagi St. Fransiskus Assisi. Perjalanan ini dilakukan pada 10-11 April 2010. Kegiatan ini merupakan program tahunan tepatnya sekali dalam tiga tahun. Pada tahun ini, Paroki St. Fransiskus mendapat kesempatan yang sangat bergengsi dimana, tiga tahun sebelumnya para frater Biara Kapusin Alverna mengadakan aksi panggilan di Paroki Balige.
Enam puluh tiga Saudara Muda Fransiskan Kapusin, empat Pastor (Iman) dan dua Bruder sebagai pendamping dalam perjalanan aksi panggilan ini. Keberangkatan perjalanan aksi panggilan dan piknik komunitas ini di pusatkan dari Biara Kapusin Alverna-Sinaksak menuju ke Pematang Purba untuk mengunjungi Rumah Bolon-Museum Simalungun. Sekitar pukul 12.00 wib tiba di pemandangan Sipiso-piso dan makan siang bersama. Kemudian pukul 13.00 wib berangkat dari Sipiso-piso menuju Berastagi-Maranatha (Rumah Retret yang dikelola oleh Suster Fransiskanes Santa Elisabeth). Sekitas pukul 14. 30 wib sudah tiba di Berastagi, istirahat dan persiapan panggung.
Kegiatan ini tidak hanya berlalu ditelan waktu tetapi sore itu dilakukan pertandingan kebersamaan dan kesatuan antara frater Bikap Alverna dengan Mudika Berastagi. Jenis pertandingan itu adalah Volley, Sepak bola dan Badminton. Pertandingan Volley dan Badminton dilakukan di halaman Gereja inkulturatif. Sedangkan pertandingan sebak bola dilakukan di stadion Berastagi. Semua anggota Mudika berperan aktif menunjukkan kebolehannya dalam setiap kegiatan ini.
Acara show promotion Kapusin dibuka malam harinya yang di meriahkan dengan berbagai acara tarian kontemporer seperti tarian Dayak-Panglima Burung, Melayu dan tarian Perang dari Kepulauan Nias. Tidak ketinggalan juga koor dan drama passio. Acara show promotion ini dimaksudkan sebagai jalan untuk menjalin kebersamaan dan membuka peluang bagi kaum muda mudi yang ingin menjadi Misionaris. Bagi laki-laki, kelak menjadi imam dan perempuan menjadi Suster, dan siap untuk memberikan pelayanan.
Berkat kerja sama yang baik dengan Mudika Paroki St. Fransiskus Assisi Berastagi pada 10-11 April 2010 penampilan para Frater Bikap Alverna berjalan dengan lanjar. Drama yang dibawakan saat itu adalah perjalanan Pastor Kapusin untuk bermisi di Tanah Karo Simalem. P. Ignatius Simbolon OFMCap selaku pstor paroki membuka acara lewat kata sambutan kepada umat. Di samping itu juga P. Frans Sihol Situmorang OFMCap selaku Guardian Bikap Alverna di tengah acara memberikan kata sambutan kepada para penonton yang dihadiri oleh Asmika, Mudika, Orang tua dan Biarawati.
Umat di paroki ini, menyambut hangat kedatangan para frater kapusin. Ini terbukti pada kesetiaan mereka menonton dengan penuh antusias hingga berakhir acara. Umat yang menghadiri show promotion tidak hanya paroki Berastagi saja tetapi masih ada datang dari paroki Kabanjahe demi untuk melihat penampilan para frater kapusin. Hingga sampai saat ini, mereka masih tidak lupa akan jasa dan pembinaan para Imam Kapusin. Umat Paroki Kabanjahe sangat merindukan Kapusin agar berkarya kembali di Paroki Kabanjahe. Tetapi, walaupun tidak tercapai angan-angan atau harapan mereka hanya bisa berdoa dan gembira semoga para frater Kapusin yang berjumlah 63 orang banyak yang menjadi gembala umat seperti yang mereka harapkan sehingga bisa berjumpa kembali. Harapan mereka kelak, bukan hanya banyak yang terpanggil saja tetapi juga yang terpilih. Semoga.
Seluruh kegiatan ini ditutup pada hari Minggu pagi diadakan di Gereja inkulturatif paroki St. Fransiskus Assisi Berastagi. Semua umat khusut merayakan Misa Paskah bersama. Misa ini dihadiri P. Emmanuel Sembiring OFMCap selaku Propinsial Kapusin Medan.
Pukul 11.30 wib para frater Alverna
Sinaksak melakukan perjalanan kembali ke Sikeben-Biara Suster Klaris Kapusines. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan persaudaraan akrab seturut teladan St. Fransiskus yang berada dalam naungan Ordo Fratrum Minorum Capuccinorum (OMFCap). Penutupan perjalanan aksi panggilan dan piknik
Foto bersama Para Suster Klaris Sikeben, seusai acara.
komunitas dilakukan pembagian kalung rosario oleh para Suster Klaris sebagai simbol kasih dan persaudaraan setelah diakhiri doa bersama dan berkat penutup dari P. Richart Sinaga OFMCap. Horas. Majuah-juah.

Petra Maria Simbolon
Sekarang bertugas di Biara Kapusin Alverna-Sinaksak

Iklan

Posted September 10, 2010 by tilmankapusin in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: